Thursday, June 5, 2008

serbi

Tiga Pelajar Indonesia Juara Kompetisi Internasional

TPGIMAGESRabu, 28 Mei 2008 | 21:33 WIB
TANGERANG, RABU - Pelajar Indonesia berjaya dalam kompetisi penelitian ilmiah International Young Inventor Project Olympiad di Georgia. Indonesia berhasil meraih dua medali emas dari penelitian di bidang aplikasi matematika-komputer dan biologi.

Para siswa yang meraih prestasi gemilang karena mampu bersaing dengan 30 proyek penelitian dari 22 negara lain itu disambut Direktur Pembinaan SMA Depdiknas Sungkowo M saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (27/5) sore. Mereka adalah Yoseph, siswa SMA Kharisma Bangsa Tangerang, serta M Farhan Barona dan Erfan Ramadhani, keduanya siswa SMA Fatih Banda Aceh.

Yoseph mempresentasikan makalahnya di bidang aplikasi matematika-komputer dengan judul "Numerical Solution Techniques of Heat Equation". Penelitian ini berusaha menganalisa penyebaran panas pada bidang dua dimensi.

Lewat proyek ini, Yoseph dinilai berhasil memberi gambaran bahwa teori matematika tidaklah hanya teori belaka di atas kertas, tetapi juga memiliki sisi aplikatif. Penghitungan penyebaran panas tersebut dapat digunakan, misalnya, untuk isolasi bangunan-bangunan dari panas agar tidak terganggu perubahan cuaca, atau bahan-bahan listrik yang menghantarkan energi panas.

Adapun Farhan dan Erfan meneliti manfaat mangrove yang mampu menjaga kebersihan air dari limbah industri manufaktur. "Hutan bakau lebih banyak dipahami untuk mencegah abrasi. Ke depan, seperti di Aceh, saya harap juga bisa disadari manfaatnya untuk mengatasi polusi air yang tercemar logam berat," ujarnya.

No comments: